Ayu Kristianna, S.Pd.
Guru Matematika SMA Kristen Petra 5   
Pandemi Covid-19 membuat situasi kerja menjadi berbeda, kita terpaksa workfrom home. Namun, justru karena kondisi inilah saya menjadi terpacu untuk lebih produktif sebagai seorang guru. Saya menyadari bahwa Matematika, mata pelajaran yang saya ampu, bukanlah materi yang dengan mudah dapat diterima siswa hanya dengan membaca dan belajar mandiri. Oleh karena itu, saya harus mencari cara agar siswa tidak hanya belajar menggunakan modul.Saya mencoba beberapa metode agar pembelajaran jarak jauh tetap efektif bagi siswa. Saya mulai dengan membuat rekaman pembahasan soal menggunakan media seadanya, smartphone, kertas dan bolpen. Saya upload video tersebut di IGTV pribadi dengan pertimbangan dapat diakses dengan mudah oleh siswa dan bisa disimpan dalam waktu yang lama sampai saya sendiri ingin menghapusnya (saya yakin instagram tidak akan take down video ini karena tidak memuat hal yang bertentangan dengan kebijakan mereka). Ternyata video ini mendapat respon yang cukup baik dari para siswa, meskipun wajah guru tidak terlihat. Karena merasa cukup malu dengan coretan saya yang kurang rapi, saya beralih ke rekaman slide show power point untuk materi-materi berikutnya.

Memang persiapannya membutuhkan waktu yang lebih lama, namun video ini dapat dimanfaatkan kembali untuk flippedclassroom pada tahun ajaran berikutnya. Saya juga melakukan videoconference untuk memfasilitasi siswa yang masih kesulitan memahami materi. Sempat menggunakan google meet, namun karena ada beberapa siswa yang tidak dapat bergabung, maka saya juga memanfaatkan live IG yang lebih mudah diakses dan lebih familiar bagi siswa.

Proses pembelajaran jarak jauh tetap tidak dapat seoptimal pembelajaran di kelas. Siswa terpaksa beradaptasi dengan kondisi dan situasi belajar yang berbeda. Mereka merasa lebih nyaman jika bisa menatap dan mendengarkan guru secara langsung atau berdiskusi dengan temannya di kelas. Lebih sulit memang untuk berproses seorang diri, apalagi jika yang dipelajari Matematika. Setelah belajar materi, kurang mantab rasanya jika tidak mengerjakan latihan soal. Betul, Bapak Ibu?

Justru di sinilah peran kita sebagai guru berpengaruh besar untuk memberi pengertian dan menanamkan nilai. Biarpun kondisi dunia berubah, hidup harus tetap berjalan, kita tetap melakukan bagian kita. Bahkan harus bersyukur karena masih diberi kemudahan dapat belajar dengan dukungan internet. Puji Tuhan, siswa tetap kooperatif dalam belajar dan menyelesaikan tugas mereka meskipun kesulitan, toh guru tetap standby untuk merespon pertanyaan mereka.

Saya tahu apa yang saya lakukan ini bukanlah ide yang kreatif atau inovatif. Namun saya bersyukur, work from home membuat saya memiliki waktu lebih banyak untuk belajar hal baru dan membuat saya produktif. Mulai dari memanfaatkan google form untuk kuis, membuat video pembelajaran (flippedclassroom), dan mengoptimalkan keberadaan media sosial untuk pekerjaan, yang mungkin saja belum terlaksana jika Indonesia tidak terdampak pandemi. Saya masih perlu banyak belajar untuk mengembangkan media belajar online dan sedang mengupayakan satu account khusus untuk itu. Sederhana memang, bahkan banyak guru lain yang sudah melakukan.

Namun, yakinlah Bapak Ibu, sejauh yang saya temui, siswa cenderung lebih suka melihat video rekaman Bapak Ibu sebagai pengajar di sekolah dari pada banyak video yang beredar di youtube. Mungkin karena faktor kebiasaan, merasa nyaman dengan cara Bapak Ibu menjelaskan. Semangat untuk Bapak Ibu sekalian, kita bisa.

PETRA 5, HEBAT!!!

SMA KRISTEN PETRA 5
Jl. Jemur Andayani XVII/2
Surabaya - 60236
Telp. (031) 8436474, 8412055
Faks. (031) 8412055