Pada era sekarang ini, data menjadi salah satu aset berharga. Data sangat berguna dalam banyak hal, salah satunya dapat membantu perusahaan untuk berkembang dan berinovasi. Tentunya data dapat berguna jika dianalisis dengan sistematis, serta divisualisasikan dengan informatif.

Karena menyadari pentingnya data bagi kehidupan, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) bekerja sama dengan Narasio Data mengadakan sebuah pelatihan dan kompetisi di bidang data, yakni Widya Mandala Bootcamp Competition (WMBC) selama 3 hari. Saya, William Suryo bersama rekan saya, Eunika Obedient, kami tertarik untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Selain karena ingin berkompetisi, tujuan kami mengikuti acara ini yakni agar dapat mempelajari data analysis sedini mungkin.

Tahap pertama acara ini adalah pelatihan yang diselenggarakan tanggal 1 dan 2 Oktober 2021. Peserta mendapat pelatihan pengolahan data dengan Google Spreadsheet dan visualisasi data dengan Tableau. Selama pelatihan, peserta tidak hanya mendengarkan arahan panitia, namun juga mempraktikkannya secara langsung. Kami berdua bersyukur memiliki kesempatan untuk mengenyam knowledge and skills semacam itu.

Kemudian acara dilanjutkan dengan kompetisi. Pada babak penyisihan, peserta diberi waktu dari 2 – 6 Oktober 2021 untuk menjawab studi kasus yang diberikan. Kami mendapat studi kasus mengenai pola konsumsi makanan pada masyarakat di Indonesia. Setelahnya kami diminta untuk menyimpulkan dan merekomendasikan hasil analisis kami.

Kompetisi dilanjutkan dengan babak final tanggal 15 Oktober 2021. Pada babak ini, kami diminta untuk menjelaskan hasil analisis kami secara lisan di depan Dewan Juri. Pada tahap ini kami mengalami masalah koneksi internet yang tidak stabil. Namun kami tetap berusaha untuk profesional dan berupaya memberikan yang terbaik. Puji Tuhan Yesus bahwa pada akhirnya kami berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi ini.

Melalui pengalaman partisipasi dalam kompetisi ini, ada nilai moral yang kami dapatkan, yakni belajar untuk bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan sekalipun ada masalah yang menjadi rintangan. Di samping itu kami bersyukur mendapatkan pengalaman untuk belajar mengenai bidang Analisis Data. Semoga kisah kami ini dapat menginspirasi setiap Anda untuk terus mau belajar berbagai hal sepanjang hayat.

Penulis: William Suryo Goey

SMA KRISTEN PETRA 5
Jl. Jemur Andayani XVII/2
Surabaya - 60236
Telp. (031) 8436474, 8412055
Faks. (031) 8412055