Harapan seluruh rakyat Indonesia akan kemerdekaan terwujud setelah perjuangan panjang dan luar biasa. Pembacaan teks proklamasi, 17 Agustus 1945 merupakan momen yang ditunggu-tunggu rakyat Indonesia. Dapat dibayangkan suasana saat itu. Berandai-andai jika saat ini kita berada dalam momen itu. Tentu kita akan semakin menyadari betapa berartinya kemerdekaan  yang telah diperjuangkan mati-matian oleh para pahlawan kita. Betapa kemerdekaan itu sangat dinanti-nantikan oleh bangsa Indonesia.

Kini, kemerdekaan sampai saat ini masih dalam genggaman bangsa Indonesia.Generasi kita menikmati hasilnya.Tentu kita patut mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan dan dianugerahkan, salah satunya dengan kita terus mengingat mengenang jasa pahlawan.

Upacara dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia ini menjadi salah satu kegiatan wajib. Salah satunya dalam rangka menghormati dan ikut mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Hal itu diwujudkan saat momen ‘Mengheningkan Cipta’ yang wajib dilakukan saat mengikuti upacara. Kewajiban itu tentu bukan malah menjadi beban. Justru kita sebagai bangsa Indonesia patut bersyukur senantiasa jika masih diberi kesempatan untuk mengenang jasa para pahlawan melalui kegiatan upacara.

Lalu apa perbedaan upacara kemerdekaan tahun ini dengan upacara kemerdekaan tahun-tahun lalu? Tentu secara kasat mata kita dapat melihat bahwa upacara tahun ini sangat berbeda. Jika tahun-tahun lalu kita bisa melaksanakan upacara dapat menghadiri secara langsung, tahun ini kita hanya mampu melaksanakan upacara secara virtual karena situasi pandemi yang masih terjadi hingga saat ini. Semua ini dilakukan sesuai protokol kesehatan yang berlaku demi kebaikan bersama. Akan tetapi, kita tentu yakin dan percaya bahwa hal itu tidak akan menjadikan alasan untuk kita mengurangi khidmat dalam merayakan kemerdekaan ke-75 RI melalui upacara.

Puji  Tuhan SMA Kristen Petra 5 pun telah melakukan kegiatan upacara dalam rangka memperingati kemerdekaan ke-75 RI secara virtual dengan lancar. Pada 17 Agustus 2020, tepat pukul 08.00 WIB, seluruh guru karyawan serta siswa kelas X secara serentak mengikuti upacara virtual dari rumah masing-masing. Semua tampak mengikuti upacara dengan khidmat di tengah keterbatasan yang ada. Bersyukur atas penyertaan Tuhan semua dapat berjalan baik dan lancar.Tentunya semua tidak akan terlaksana dengan baik jika tanpa anugerah Tuhan melalui tangan-tangan semua rekan yang terlibat dan kerja sama dalam mempersiapkan upacara ini mulai dari awal proses perekaman, proses pengeditan, hingga terselesaikan semuanya.

Bersyukur dengan anugerah Tuhan atas kemerdekaan yang telah diperjuangkan. Bersyukur atas kesempatan bagi kita jika saat ini masih dapat melaksanakan upacara memperingati kemerdekaan ke-75 Republik dengan lancar di tengah situasi pandemi ini. Harapannya, di usia ke-75 kemerdekaan ini, terlebih di situasi yang cukup sulit saat ini tidak menyurutkan langkah kita untuk terus mengobarkan semangat mengisi kemederdekaan dengan bagian-bagian yang sudah Tuhan percayakan bagi kita. Sekecil apapun, jika itu adalah hal positif tentu tidak akan pernah ada kata sia-sia. Tetap semangat berkarya dengan talenta masing-masing. Jaga selalu kemerdekaan agar terus dalam genggaman kita. Indonesia merdeka, Indonesia jaya. Salam merdeka!

SMA KRISTEN PETRA 5
Jl. Jemur Andayani XVII/2
Surabaya - 60236
Telp. (031) 8436474, 8412055
Faks. (031) 8412055

Related Posts